5 Tips Menggoreng Pempek untuk Hasil Maksimal

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 26, 2021

Penggemar hidangan khas Palembang satu ini tentu tidak akan melewatkan untuk mencobanya memasaknya sendiri di rumah jika membelinya dalam keadaan beku. Anda pun bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar maupun secara online. Lantas bagaimana tips menggoreng pempek?

Tips Menggoreng Pempek untuk Hasil Maksimal, Tekstur Lembut dan Matang Sempurna

tips menggoreng pempek

Umumnya pempek yang Anda beli secara online atau di toko frozen food memang tersedia dalam keadaan masih beku agar bisa tahan lama hingga beberapa hari. Hal ini sebenarnya memudahkan pembeli untuk bisa menikmatinya sendiri di rumah. Berikut ini beberapa tips menggoreng pempek :

1. Pencairan Pempek Beku

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencarinya terlebih dahulu setelah dikeluarkan dari freezer. Proses pencairan ini biasanya disebut menggunakan istilah food thawing. Sebenarnya hanya perlu dibiarkan selama beberapa waktu sampai lapisan esnya mencair dan hilang.

Tips mencairkan pempek beku agar tidak mudah basi adalah dengan meletakkannya pada lemari pendingin atau bagian di bawahnya sehingga suhunya memang lebih hangat daripada freezer. Jadi jangan membiarkannya pada ruang terbuka. Hal ini penting demi meminimalkan adanya kontaminan.

2. Cuci Pempek Sebelum Digoreng

Umumnya pempek yang dikemas dalam kemasan dengan masa simpan cukup lama perlu dibalut menggunakan tepung sagu terlebih dahulu pada permukaannya. Tujuannya adalah untuk menjaga supaya adonan tetap kering dalam proses distribusi hingga sampai ke tangan konsumen.

Meskipun berguna dalam proses pengemasan, ternyata tepung sagu yang masih menempel pada adonan pempek perlu dicuci terlebih dahulu sebelum digoreng. Tujuannya agar tidak lengket ketika masuk ke minyak panas dan membuat wajan cepat gosong. Jadi cucilah menggunakan air matang dulu

3. Hilangkan Kadar Air pada Pempek Sebelum Digoreng

Anda perlu merebus atau mengukus pempek terlebih dahulu untuk menghindari adanya bagian di dalam adonan yang masih beku atau bahkan mentah. Durasi penghangat nya pun tidak perlu terlalu lama cukup tiga sampai lima menit saja agar teksturnya melunak setelah keluar dari freezer.

Selanjutnya tiriskan pempek yang sudah digoreng dan dikukus agar kadar air hilang sisa penghangatan tersebut hilang. Selain itu, bertujuan agar adonan tidak akan meletup saat dimasukkan ke dalam minyak panas saat digoreng. Jadi perhatikan permukaannya terlebih dahulu sampai benar-benar terlihat kering

4. Sesuaikan dengan Suhu Minyak yang Digunakan

Jangan lupa untuk memperhatikan jenis pempek yang Anda goreng. Hal ini berpengaruh terhadap dengan suhu minyak nantinya. Misalnya jika ingin menggoreng pempek adaan atau kulit, masukkan ketika temperature penggorengan tidak terlalu panas. Tujuannya agar tidak lengket satu sama lain.

Sementara tips menggoreng pempek untuk jenis pempek lainnya dimana proses pembuatannya harus direbus terlebih dahulu, maka Anda perlu mempersiapkan minyak yang panas terlebih dahulu. Masukkan satu per satu sehingga tidak dimasukkan secara sekaligus agar tidak lengket pada permukaan wajan.

5. Memperhatikan Durasi Penggorengan

cara goreng pempek
tips menggoreng pempek

Menggoreng pempek beku tidak perlu Anda lakukan terlalu lama dan harus mendapatkan tingkat kematangan yang merata. Pempek justru akan meletus dan pecah atau bahkan teksturnya berubah menjadi alot apabila tak kunjung diangkat ketika sudah matang.

Sebaiknya langsung angkat dan tiriskan pempek setelah bentuknya mulai membesar dan berwarna kuning kecoklatan. Jangan tunggu terlalu lama di dalam minyak panas karena bisa mengubah tekstur dan penampilannya.

Untuk tips lengkap menggoreng pempek beku , baca artikel berikut : cara menggoreng pempek beku.

Kelima tips menggoreng pempek di atas perlu Anda praktekkan agar hasilnya maksimal. Jangan lupa untuk memperhatikan jenis apa yang akan digoreng karena berpengaruh dengan cara memotongnya dan juga suhu penggorengan.  

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down