Resep Pempek Pistel Isi Pepaya Muda, Nikmat Cukup 5 Langkah

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
August 20, 2021

PempekPalembang21.com - Pempek sendiri merupakan olahan berbahan tepung tapioka yang dicampur dengan bahan ikan segar. Makanan khas Palembang ini memiliki cita rasa gurih gurih dan lezat. Salah satu variannya adalah resep pempek pistel dimana mempunyai tekstur lebih kenyal serta diberi isian sayuran dan telur.

Resep Pempek Pistel Isi Pepaya Muda

Resep Pempek Pistel Isi Pepaya Muda

Bagi Anda yang suka dengan sayuran namun bingung ketika hendak mengolahnya, maka bisa mencoba untuk membuat pempek pistel isi pepaya muda. Beberapa orang juga menggunakan bahan lainnya seperti ayam dan telur sebagai variasi isiannya. Berikut bahan dan cara mengolahnya:

1. Bahan yang Digunakan

Bahan adonan pempek diperlukan 500 gram tepung sagu tani, 350 gram tepung terigu, 1 butir telur, 800 ml air mendidih, 2 sendok makan garam dan 1 sendok makan kaldu bubuk. Selanjutnya untuk isiannya disiapkan 500 gram pepaya muda dipotong tipis dan segenggam udang rebon.

Bumbu untuk isian perlu disiapkan 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih 1 sendok teh garam, 1 sendok teh kaldu bubuk, 1 sendok teh merica bubuk dan 100 ml air. Terakhir yakni kuah cukonya diperlukan 1 kg gula merah, 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, cabai rawit dan asam cuka.

2. Membuat Isian Pepaya

Anda perlu menyiapkan bahan yang perlu digunakan untuk membuat isian papaya, khususnya pepaya muda sudah dipotong tipis dan memanjang lau udang rebon secukupnya. Pertama-tama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan irisan pepaya dan tunggu hingga terlihat layu.

Tambahkan udang rebon dan tumis kembali. Selanjutnya tuangkan air ke dalam tumisan. Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Masak hingga sedikit mengental dan tekstur pepaya menjadi lebih lembut.

3. Membuat Adonan Pempek

Berikutnya, Anda bisa membuat adonan pempek yang mudah untuk dipraktekkan. Campurkan tepung terigu, kaldu bubuk dan garam ke dalam wadah. Siram dengan air hasil rebusan bawang. Aduk rata kemudian dinginkan terlebih dahulu. Masukkan telur dan aduk rata lagi memakai tangan saja. Seperti cara membuat pempek model dan jenis pempek lainnya.

Masukkan tepung sagu tani lalu uleni sampai kalis. Buat adonan berbentuk pipih. Tambahkan isian di bagian tengahnya lalu bentuk menyerupai pastel. Rebus hingga matang dengan menunggunya mengapung selama beberapa menit. Pempek sudah langsung bisa disajikan secara langsung.

4. Membuat Kuah Cuko

bumbu pempek palembang

Pempek dengan rasa yang sangat enak akan terasa kurang apabila tidak dimakan bersama kuah cuko. Anda pun bisa mencoba untuk membuatnya sendiri karena bahannya pun mudah ditemukan. Pertama, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit kemudian sisihkan.

Rebus gula merah dan air sampai larut. Tambahkan juga bumbu halus dan aduk kembali sampai merata. Angkat adonan kuah kemudian saring untuk menghilangkan ampasnya. Terakhir, tambahkan sedikit cuka, ebi halus, garam lalu aduk sampai benar-benar tercampur rata.

5. Tips Menyajikan Pempek Pistel

Seperti Pempek Keriting, Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika sedang menyajikan pempek pistel. Pertama adalah potong sesuai dengan selera saja agar lebih mudah saat disantap. Gunakan piring atau mangkok sebagai alasnya.

Siapkan juga kuah cuko sebagai pelengkapnya ke dalam mangkuk kecil. Terakhir berikan potongan mentimun segar agar menggugah selera karena tampak menambah kesegaran. Biasanya uang ditambah dengan bawang goreng.

Itulah tadi resep yang bisa Anda tiru untuk mencoba membuat pempek pistel. Kebanyakan isiannya akan menggunakan pepaya muda karena memiliki tekstur renyah. Namun ada juga beberapa orang memilih memakai jenis sayuran lainnya atau bahkan menambahkan telur dan ayam.

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down