Tips Bumbu Cuko Pempek Asli Khas Palembang

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 23, 2021

Dalam membuat hidangan khas Palembang satu ini, memang tidak lengkap rasanya jika Anda menyantapnya tanpa adanya saus hitam dengan rasa asam dan pedas ini. Hal ini akhirnya membuat orang-orang mencoba untuk mengolahnya sendiri agar bumbu cuko pempek memiliki rasa yang mirip.

Tips Bumbu Cuko Pempek Asli Khas Palembang

bumbu pempek palembang
bumbu cuko pempek

Dalam membuat segala macam makanan asli dari suatu daerah, memang bukan hal gampang jika ingin mendapatkan seperti rasa aslinya. Hal ini dikarenakan beberapa bahan yang digunakan memang hanya ada di suatu tempat saja. Begitupun ketika Anda sedang memasak bumbu cuko pempek.

Gula Aren yang Digunakan Harus Warna Hitam

gula aren
gula aren bumbu cuko pempek

Tentu Anda menjumpai jika bumbu cuko pempek yang digunakan berwarna hitam gelap. Hal ini disebabkan karena penggunaan gula aren dengan warna serupa. Jadi jangan pernah menggunakannya jika warnanya hanya tampak kecoklatan atau kemerahan karena membuat tampilannya kurang maksimal.

Gula aren bisa dikenali dari warnanya yang hitam dengan bentuk setengah lingkaran karena dibentuk menggunakan batok kelapa. Cuko tanpa bahan ini tentu tidak akan dihasilkan warna gelap pekat. Sementara jika hanya menggunakan gula merah biasa maka hanya berwarna coklat atau merah saja.

Menggunakan Perpaduan antara Asam Jawa dan Cuka

Bumbu pempek yang memiliki rasa asam tentu dikarenakan adanya beberapa bahan tertentu ditambahkan ke dalamnya. Campuran asam jawa dan cuka menjadi penentu utama dalam menghasilkan ciri khas tersebut. Jadi jangan hanya menggunakan salah satu namun harus keduanya.

Jadi jika Anda hanya menggunakan asam jawa saja maka rasanya diakui akan kurang, namun penggunaan cuka secara berlebihan juga dinilai tidak baik untuk kesehatan lambung. Solusinya adalah memakai perpaduan antara keduanya agar dihasilkan bumbu pempek seperti aslinya di Palembang.

Menggunakan Perpaduan Tongcai dengan Ebi

ebi bumbu pempek
ebi

Tongcai sendiri merupakan hasil olahan lobak yang sudah diasinkan. Umumnya bahan ini bisa Anda temukan dengan mudah dalam masakan China karena mereka seringkali menggunakannya. Namun jika ingin membelinya, sudah tersedia cukup luas di pasaran terutama di bagian bumbu dan saus.

Jadi orang Palembang menganggap jika tongcai merupakan bahan wajib untuk ditambahkan. Anda harus menggorengnya bersamaan dengan ebi sebelum dimasak bersama gula aren dan air. Keduanya merupakan komponen utama yang memberikan rasa khas pada kuah cuko.

Bumbu Pempek Harus Dimasak dalam Waktu Lama

Rahasia yang tidak boleh dilupakan adalah memasak bumbu pempek harus dalam waktu lama. Jadi bukan hanya sampai mendidih saja melainkan harus ditunggu beberapa menit. Setidaknya sampai kuah cuko berubah menjadi lebih kental dan gelap.

Banyak orang menilai bahkan minimal waktu pemasakan adalah satu jam. Selain rasanya yang lebih sedap, juga mampu memperpanjang masa simpannya karena dimasak cukup lama. Anda pun bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin sebagai persediaan dimakan bersama pempek.

Jangan Pelit Bawang Putih

Untuk menggunakan bumbu yakni utamanya bawang putih, jangan pelit untuk menambahkannya. Walau bumbu pempek sederhana, namun padu padan yang paslah yang membuatnya terasa istimewa. Terutama penggunaan bawang putih. Pasalnya bahan ini merupakan komponen utama yang memberikan rasa gurih selain penambahan ebi ke dalam kuah cuko.

Anda bisa menghaluskan bawang putih terlebih dahulu bersama cabai dengan blender. Cuko memang otentik tercium bau bumbu yang sedap. Jadi jangan pernah pelit untuk menambahkannya agar rasanya semakin sedap.

Itulah tadi kelima tips bagi Anda ketika ingin memasak bumbu cuko pempek agar rasanya menyerupai seperti yang ada di Palembang. Pastikan untuk menyiapkan bahannya secara lengkap terlebih dahulu agar tidak ada satupun tertinggal.

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down