Cara Goreng Pempek agar Tidak Meletup

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 25, 2021

Ada beberapa cara goreng pempek yang perlu Anda terapkan agar tidak meletus. Tentu pengalaman ini masih sering dialami oleh banyak orang ketika menggoreng makanan satu ini. Terlebih jika masih dalam keadaan beku dan baru saja dikeluarkan dari freezer. Lantas apa saja tipsnya?

Cara Goreng Pempek Dengan Aman dan Agar Tidak Meletup

Pempek sendiri merupakan makanan khas Palembang dengan bahan dasar ikan. Teksturnya yang kenal dan memiliki cita rasa gurih membuatnya menjadi kuliner populer sehingga diminati oleh banyak orang. Bagi Anda jika mempunyai pengalaman buruk saat menggorengnya, ikuti beberapa tips berikut:

1. Mengeluarkan Pempek dari Freezer

Menyimpan Bumbu Kuah Pempek

Cara yang paling utama perlu Anda lakukan adalah dengan mengeluarkan pempek terlebih dahulu dari freezer. Jangan memasukkannya ke wajan penggorengan jika masih dalam keadaan beku. Hal ini memungkinkan kadar air di dalamnya akan tercampur pada minyak goreng panas sehingga meletus.

Anda hanya perlu membiarkan pempek beku tersebut dalam suhu ruang. Tunggu saja sampai es yang menempel pada adonan akan mencair dengan sendirinya. Keluarkan saja dari freezer secukupnya sehingga tidak perlu membuatnya membeku lagi karena berpengaruh terhadap rasa dan teksturnya.

2. Merebusnya sebelum Menggoreng

Hal ini memang seringkali dilupakan oleh orang-orang ketika hendak menggorengnya. Mereka menganggap jika pempek frozen akan siap digoreng tanpa harus direbus terlebih dahulu. Sebenarnya adonan tersebut sudah matang sebelumnya namun lebih baik untuk memasaknya dengan air mendidih.

Tujuannya adalah membuat adonan tersebut akan melunak setelah disimpan dalam freezer. Anda hanya perlu merebusnya selama 5 menit saja tanpa harus menunggu waktu lama. Fungsi lainnya ialah agar menghilangkan sisa tepung yang masih menempel dari pempek tersebut.

3. Potong Pempek Menjadi Bagian yang Lebih Kecil

Bagi Anda yang membeli adonan pempek dalam ukuran besar, maka lebih baik untuk memotongnya menjadi bagian lebih kecil terlebih dahulu. Hal ini sebenarnya memiliki tujuan sederhana yakni agar bisa lebih mudah saat dimasukkan ke dalam wajan saat digoreng nantinya.

Pempek yang berukuran besar biasanya berjenis lenjer dan kapal selam. Anda perlu memotongnya terlebih dahulu agar matangnya juga merata. Sementara jika memang ukurannya sudah kecil seperti pempek kulit, adaan atau isi telur, maka tidak harus dipotong lagi dan bisa langsung digoreng.

4. Minyak Tidak Perlu Terlalu Panas

cara gorang pempek
cara goreng pempek agar tidak meletup

Ketika Anda memanaskan minyak sebelum digoreng, pastikan untuk tidak menggunakan api yang besar. Hal ini hanya akan membuat suhu penggorengan menjadi sangat tinggi dan berpengaruh terhadap rasa dan tampilan dari pempek saat digoreng.

Walaupun menggunakan api yang kecil, namun jika terlalu lama maka akan membuat minyak juga semakin panas. Jadi Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu dan menunggu beberapa saat. Jangan masukkan pempek apabila suhu masih terlalu tinggi.

5. Masukkan Pempek Satu Per Satu

Cara yang paling umum bisa Anda lakukan adalah dengan memasukkan pempek satu per satu dan tidak secara bersamaan. Tujuannya pun sederhana agar tidak lengket satu sama lain sehingga sulit saat dibalik.

Anda juga tidak perlu menggorengnya terlalu lama. Proses penggorengan seperti ini hanya akan membuat kulit pempek menjadi meletup dan tekstur di dalamnya semakin alot. Jadi masukkan ketika minyak sudah siap dan angkat ketika telah berubah kecoklatan.

Itulah tadi kelima cara goreng pempek yang Pasti Bisa Anda praktekkan agar tidak meletup. Sebenarnya tips cara masak pempek ikan pun cukup sederhana seperti halnya pada penggorengan pada umumnya. Pastikan jika waktunya hanya secukupnya dan segera diangkat ketika sudah berubah kecoklatan.

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down