Cara Menggoreng Pempek agar Tidak Meletus

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 27, 2021

PempekPalembang21.com - Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam tahap ini, maka bisa menyimak beberapa cara menggoreng pempek agar tidak meletus. Hal ini juga didasarkan berbagai faktor terutama jenisnya karena berpengaruh dengan suhu penggorengan saat dimasukkan ke dalam minyak panas.

Cara Menggoreng Pempek agar Tidak Meletus

cara menggoreng pempek agar tidak meletus
tidak pakai drama plastik atau helm, cara menggoreng pempek agar tidak meletus sebenarnya mudah sekali

Pempek sendiri terbuat dari campuran ikan tenggiri dan juga tepung kanji. Hidangan ini menjadi ikon kuliner kota Palembang yang sudah terkenal akan kenikmatannya. Anda pun tentu tidak asing lagi dengan olahan satu ini atau bahkan seringkali membelinya dalam bentuk frozen food.

1. Memindahkan Pempek di Bagian Bawah Kulkas

Tentunya Anda menyimpan pempek beku di dalam kulkas yang memiliki suhu rendah. Selama penyimpanan tersebut pastinya akan menimbulkan adanya lapisan beku pada permukaannya. Sebelum menggorengnya, harus dilelehkan terlebih dahulu agar tidak masuk ke dalam minyak panas.

Adanya lapisan beku yang terbentuk pada permukaan pempek beku tersebut tentu meningkatkan kadar air sebelum digoreng. Kondisi seperti ini menjadi penyebab utama dari proses penggorengan bisa saat  meletus karena bertemunya air dengan minyak panas.

2. Mencuci dengan Air Matang

Setelah Anda memastikan bahwa tidak ada lapisan beku yang menempel pada permukaan pempek lagi, kini saatnya untuk mencucinya terlebih dahulu. Tujuannya adalah menghilangkan taburan sisa tepung di sekitar adonan sehingga penggorengan dapat dilakukan tanpa lengket di sisi wajan.

Selain itu, juga penting dilakukan agar tidak mengotori minyak sehingga Anda masih bisa menggunakannya beberapa kali penggorengan. Hal ini dikarenakan tepung yang menempel pada pempek memang menyebabkannya menjadi kotor setelah digoreng bahkan berubah warna kecoklatan.

3. Merebus Adonan Pempek Terlebih Dahulu

Sebelum menggorengnya, Anda bisa mengukus atau merebus adonan pempek terlebih dahulu. Pengukusan maupun perebusan ini tidak perlu dilakukan dalam waktu lama namun cukup hanya 3 sampai 5 menit saja. Tujuannya adalah untuk membuat tekstur menjadi lunak seluruhnya.

Tentu Anda pernah menjumpai jika bagian dalam pempek masih keras atau bahkan ada adonan tepung terlihat jelas setelah digoreng. Hal ini dikarenakan pada saat proses penyimpanan di dalam kulkas akan membuatnya menjadi keras, Terlebih jika penggorengan kurang dilakukan secara sempurna.

4. Menyesuaikan Suhu Penggorengan dengan Jenis Pempek

cara goreng pempek
perhatikan suhu minyak agar cara menggoreng pempek tidak meletus berhasik

Hal ini menjadi kunci yang tidak boleh dilupakan ketika menggoreng pempek. Anda perlu menyesuaikan suhu penggorengan dengan jenisnya. Hal ini berhubungan akan ukurannya masing-masing sehingga berpengaruh pada tingkat kematangannya.

Misalnya Anda hendak menggoreng pempek dos, kapal selam, isi telur, lenjer dan lenggang maka disarankan untuk memasukkannya ketika minyak sudah siap. Namun hal sebaliknya dilakukan proses penggorengan pempek kulit dan bulat karena dimasukkan saat masih belum begitu panas.

5. Tidak Memasukkan Pempek dalam Wajan sekaligus

Meskipun Anda ingin menyajikan pempek dalam jumlah banyak, namun bukan berarti bisa menggorengnya sekaligus. Cemplungkan adonan satu per satu ke minyak panas dan berikan jeda setidaknya dua sampai tiga detik.

Tujuannya adalah agar adonan tidak meletus karena lengket satu sama lain. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih mudah ketika harus membalikkannya dan menipiskannya. Pempek yang sudah matang pun juga memiliki tampilan rapi tanpa lengket.

Itulah tadi beberapa cara menggoreng pempek agar tidak meletus yang bisa Anda terapkan agar berhasil tanpa adanya kegagalan sama sekali. Biasanya banyak orang mengeluh jika adonan lengket atau bahkan kurang matang sempurna agar mendapatkan rasa nikmat

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down