5 Tips Menyimpan Bumbu Kuah Pempek yang Tahan Lama

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 23, 2021

PempekPalembang21.com - Hidangan khas Palembang ini memang seringkali dijual dalam bentuk frozen food sehingga memungkinkan orang-orang hanya perlu menggorengnya tanpa harus membuatnya dari awal. Lantas bagaimana caranya agar penyimpanan bumbu kuah pempek tersebut tetap tahan lama?

 5 Tips Menyimpan Bumbu Kuah Pempek yang Tahan Lama

Menyimpan Bumbu Kuah Pempek
menyimpan bumbu kuah pempek di lemari pendingin

Pempek Palembang sendiri berasal dari olahan fillet ikan dan tepung yang memang rasanya nikmat. Sementara pelengkap utamanya adalah saus cuko dengan rasa asam dan pedas khas. Bahan utamanya adalah gula aren, asam jawa, campuran ebi dan bumbu lainnya. Berikut tips untuk menyimpannya:

1. Dibungkus dengan Tepat

Dalam penyimpanan makanan seperti pempek dan bumbu kuahnya, hal utama yang penting untuk diperhatikan adalah pembungkusannya. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab dari cepat busuknya olahan ialah mengalami oksidasi. Proses ini disebabkan adanya reaksi dengan oksigen di luar kemasan

Untuk mencegahnya, Anda perlu memastikan jika pembungkusan dari pempek maupun bumbu kuah pempek sudah rapat dan kedap udara. Tipsnya adalah dengan memilih pembeli yang menerapkan cara pengemasan secara vakum. Apabila tidak menggunakan, maka simpanlah dalam wadah tertutup.

2. Disimpan dalam Suhu Dingin

Suhu dingin merupakan kondisi yang ideal untuk mengawetkan makanan secara alami tanpa harus menambahkan bahan pengawet. Hal ini dikarenakan temperatur rendah mampu menghambat pertumbuhan bakteri, mikroorganisme dan berbagai jenis jamur sebagai penyebab pembusukan.

Pempek sebenarnya bisa bertahan hanya selama 2 hari jika disimpan dalam suhu ruang. Lain halnya apabila Anda menyimpannya di temperatur dingin, maka akan mampu memperpanjang daya simpannya. Terlebih menggunakan freezer mencapai waktu hingga satu bulan penyimpanan.

3. Menjaga Kestabilan Suhu Penyimpanan

Tidak hanya menggunakan pengemasan dan suhu penyimpanannya, Anda juga harus mengontrol temperatur tersebut agar tetap terjaga. Hal ini penting untuk menjaga ketahanan pempek agar tetap tahan lama. Sangat dianjurkan menggunakan lemari pendingin di bawah 4 derajat celcius.

Sementara untuk suhu freezer, Anda bisa menyimpannya dalam kisaran angka 15 derajat celcius. Cek temperatur tersebut secara berkala demi memastikan kestabilan dari waktu ke waktu. Pastikan agar pempek dan bumbu tidak sampai berubah beku karena akan menyulitkan ketika hendak digoreng.

4. Memberikan Label dengan Sistem FIFO bagi Penjual

pempek palembang frozen

Tips satu ini bisa diterapkan bagi penjual ketika mendistribusikan pempek frozen begitu juga bumbu cuko pempeknya. Sebenarnya hal ini memang cukup sepele namun penting untuk menjaga kesegarannya terutama agar memberikan kualitas terbaik kepada konsumen.

Anda dapat menuliskan label pada pempek ketika baru dimasukkan ke dalam kulkas. Tujuannya agar bisa mengetahui sudah berapa lama waktu penyimpanannya. Nantinya akan diterapkan sistem FIFO atau first in first out, yang artinya memilih makanan yang sudah disimpan paling awal terlebih dulu.

5. Menggunakan Sistem Thawing

Hal ini berhubungan dengan kualitas pempek dan bumbu kuahnya yang tersimpan di dalam freezer dalam waktu lama. Ketika mengeluarkannya, hindari untuk mencarinya menggunakan suhu ruangan. Cara seperti ini justru memicu pertumbuhan bakteri lebih cepat.

Anda bisa menggunakan sistem thawing dengan meletakkan pempek maupun bumbu kuah pempek di kulkas bagian bawah. Pastikan untuk mencairkannya ketika hendak dimasak saja. Karena jika terlalu sering dicairkan dan dibekukan kembali maka akan berpengaruh terhadap rasa dan teksturnya.

Itulah tadi kelima tips yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan bumbu kuah pempek agar tetap tahan lama. Hal ini perlu diperhatikan bagi para penjual maupun ibu rumah tangga dimana mereka sengaja membuat dalam jumlah banyak sekaligus. 

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down