Panduan Cara Menggunakan Mixer Adonan Pempek Bagi Pemula

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 19, 2021

Palembang21.com - Membuat berbagai jenis olahan dengan alat satu ini memang dikatakan lebih mudah dan praktis. Anda tidak perlu harus menggunakan tangan sehingga cenderung cepat prosesnya. Namun perlu diperhatikan bagaimana cara memakai mixer adonan pempek agar bentuk akhirnya berhasil.

Cara Menggunakan Mixer Adonan Pempek

mixwe adonan pempek rumahan
penggunaan mixer adonan pempek dirumah

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan ketika sedang ingin membuat pempek adalah menggunakan mixer. Alat ini akan membantu ketika harus mencampur adonan sampai tercampur rata. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan menggunakan tangan saja, berikut tips pakainya:

1. Mengaduk Adonan Pempek dengan Kecepatan Rendah

Pertama-tama dalam pembuatan adonan pempek adalah mempersiapkan bahan utama seperti ikan yang sudah digiling dan tepung sagu. Keduanya bisa Anda masukkan ke wadah untuk selanjutnya dicampur menggunakan mixer. Pastikan untuk memakai kecepatan rendah ketika baru digunakan.

Kecepatan rendah seperti ini akan membuat adonan bisa tercampur lebih merata daripada Anda harus menggunakan tingkat speed yang tinggi secara langsung. Tidak hanya pada pempek saja, namun juga berlaku pada semua jenis olahan ketika sedang memakai mixer.

2. Menambahkan Kecepatan secara Bertahap

Ketika Anda sudah terbiasa menggunakan kecepatan rendah, maka lanjutkan untuk mencampurnya dengan menambah tingkat speed dari mixer secara perlahan. Gunakan saja sesuai kebutuhan jika adonan memang masih belum tercampur merata. Jangan membuat putaran berputar terlalu kencang.

Anda perlu memastikan bahwa adonan pempek tersebut sudah tercampur merata. Jika sudah, maka mixer adonan pempek bisa langsung dimatikan tanpa harus menambah kecepatan lagi. Apabila hal ini dilakukan, maka proses pencampuran hanya akan terjadi secara berlebihan.

Tips Agar Adonan Pempek Kalis dengan Stand Mixer

Bagi Anda yang membuat adonan pempek dalam jumlah banyak, jangan langsung menambahkan tepung sekaligus. Sebaiknya, mulailah untuk mencampurkan sekitar 200 sampai 300 gram terlebih dahulu sebelum ditambahkan bahan berikutnya.

Sebaliknya, jika Anda membuat adonan pempek yang memang hanya sedikit maka perlu dibantu dengan spatula untuk mengumpulkannya ke tengah wadah. Biasanya cara pengadukan seperti ini akan membuatnya hanya terkumpul di pinggir saja sehingga kurang memaksimalkan proses pencampuran.

Jangan lupa untuk menambahkan air es apabila tidak menggunakan daging ikan dalam kondisi dingin. Bahan dengan suhu ruang atau bahkan hangat hanya akan membuat adonan mudah lengket sehingga kurang terbentuk sempurna.

Tips Supaya Adonan Pempek Tidak Keras

mixer adonan pempek skala pabrik
mixer adonan pempek skala pabrik untuk hasil yang lebih banyak dan lebih cepat

Ada dua hal penting yang perlu Anda perhatikan agar adonan pempek tidak terlalu keras. Pertama adalah memperhatikan bahan bakunya yakni harus menggunakan daging ikan segar dan juga tepung sagu berkualitas bagus. Terutama wajib mengetahui bagaimana kadar kanji di dalamnya.

Hal kedua yang wajib diperhatikan adalah pada saat proses menguleni adonan meskipun sudah menggunakan mixer. Bahan harus diuleni sampai benar-benar kalis walaupun hanya terdiri dari dua macam yaitu ikan, bumbu dan tepung sagu

Beberapa orang akan memasak tepung terigu dulu dengan air sampai kental. Setelahnya, baru bisa memasukkan ikan dan bahan lainnya kecuali tepung sagu. kecepatan mixer adonan pempek pun harus dijaga dan diperhatikan seksama. Alangkah lebih bagus lagi jika memakai ikan dalam keadaan masih dingin atau baru keluar dari lemari es. Tujuannya agar tidak mudah lengket.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memakai mixer adonan pempek. Hal ini berhubungan pada saat proses menguleninya. Pasalnya berhasil atau tidak tahapan ini akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Sebenarnya Anda juga bisa memakai tangan secara langsung sesuai selera masing-masing

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down