5 Fakta dibalik Sejarah Pempek

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 16, 2021

Palembang21.com - Banyak penggemar pempek, namun tidak banyak yang tahu sejarah pempek yang kita gemari saat ini. Kali ini tim pempek palembang 21 akan sedikit berbagi cerita dibalik sebutan pempek yang melambungkan daerah palembang ini.

Pempek, hidangan khas Palembang satu ini memang disukai oleh banyak orang. Rasanya sungguh nikmat dan gurih sehingga tidak heran jika diburu ketika sedang berada di tanah Sumatera Selatan. Lantas bagaimana sejarah pempek ini berawal hingga terkenal di seluruh Indonesia?

5 Fakta dibalik Sejarah Pempek

sejarah-pempek-palembang
sejarah pempek dari palembang

Kini Anda bisa menemukan penjual pempek tidak hanya di Palembang saja melainkan juga di seluruh Indonesia. Pasalnya keahlian dalam membuat makanan ini pun sudah berkembang sejak lama di luar Pulau Sumatera. Sebagai penggemarnya, simak kelima fakta dibalik sejarah pempek dan perkembangannya hingga kini:

1. Nama Pempek di Masa Kesultanan Palembang

Nama Pempek sendiri nyatanya tidak berasal dari awal ditemukannya hidangan ini. Pasalnya di masa Kesultanan Palembang tepatnya kepemimpinan Sultan Mahmud Badaruddin II, makanan ini lebih dikenal dengan sebutan Kelesan. Biasanya mereka akan memakannya di dalam rumah adat Limas.

Rumah Limas sendiri merupakan rumah adat khas Palembang yang umumnya akan digunakan untuk upacara tradisional seperti pernikahan. Saat itu, pempek disebut sebagai kelesan karena tahan dikeles atau disimpan dalam waktu lama.

2. Asal Mula Nama Pempek

Pempek sebenarnya baru dijual secara luas ketika masa pemerintah kolonial Belanda. Makanan ini hanya diedarkan oleh keturunan orang Tionghoa di mana mereka memang sangat pandai berdagang. Bahkan nama hidangan ini pun berasal dari mereka.

Para penjual Pempek pada masa itu dikenal dengan panggilan Apek atau pek-pek. Sebutan ini ditujukan kepada lelaki tua dalam penggunaan bahasa Tionghoa. pembeli biasanya akan memanggil “pek atau empek-empek” sehingga lama kelamaan menjadi terbiasa dan populer bagi banyak orang.

3. Ikan Belida sebagai Bahan Baku Pempek

Berbicara mengenai cara membuat pempek ,Ikan menjadi bahan utama dari pempek dan yang paling sering digunakan adalah ikan tenggiri. Namun dulunya, justru kerap menggunakan ikan Belida. Sayangnya kini sudah jarang ditemukan atau bahkan semakin langka sehingga membuat harganya kian melambung tinggi.

Ikan gabus juga dijadikan sebagai alternatif pengganti ikan Belida karena memiliki rasa yang gurih dan enak. Kini banyak juga orang-orang menggunakan berbagai jenis ikan seperti kakap merah, lele, tuna, putak, toman hingga ekor kuning.

4. Jenis-Jenis Pempek yang Beragam

daftar-penjual-pempek-enak-di-jakarta

Pempek memang memiliki banyak jenisnya. Setiap bentuknya mempunyai nama yang berbeda namun sama-sama memberikan rasa enak. Salah satu paling terkenal adalah pempek kapal selam dimana bagian tengahnya diisi menggunakan kuning telur.

Ada juga jenis pempek lainnya adalah pempek lenjer, pistel adaan dan keriting. Anda bisa mencoba pempek lenggeng jika ingin merasakannya dengan cara dipanggang atau dibakar. Sementara pempek panggang berbentuk pipih dan bulat namun diisi menggunakan ebi dan sambal.

5. Cara Makan Pempek dan Sebutan Cuko

Pempek umumnya disajikan menggunakan kuah yang disebut sebagai cuko oleh warga Palembang. Ada juga daerah lain menyebutnya dengan saus pempek atau kuah pempek. Cara memakannya yaitu mencelupkannya ke dalamnya sebelum dimakan. Uniknya, beberapa orang akan menghirupnya dahulu.

Warga asli Palembang menjadikan pempek sebagai makanan ringan yang disantap sore hari. Namun banyak orang membelinya untuk sarapan dan dimakan bersama minuman hangat. Sementara wisatawan menyebutnya oleh-oleh jika berkunjung ke sana karena bisa mendapatkannya secara asli.

Itulah tadi beberapa fakta mengenai sejarah pempek yang bisa Anda ketahui. Hidangan khas Palembang ini memang banyak sekali penggemarnya. Tidak harus membelinya ke Sumatera, namun penjualnya pun dapat dengan mudah ditemui di penjuru Indonesia dan rasanya tak kalah nikmatnya.

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down