Tidak Bisa Ditawar, 5 Bahan Kuah Pempek yang Wajib Ada

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
July 28, 2021

PempekPalembang21.COM - Dalam membuat saus cuko, tentu Anda pernah merasa kebingungan ketika harus menentukan bahan kuah pempek apa saja yang perlu dipersiapkan. Padahal beberapa diantaranya dinilai wajib untuk disediakan karena memberikan rasa khas seperti aslinya di Palembang.

Bahan Kuah Pempek yang Wajib Ada

menyusun bahan kuah pempek

Pempek seenak apapun rasanya tidak akan terasa lengkap jika dimakan tanpa saus cuko. Kini sudah ada resep untuk membuatnya di internet sehingga dapat dipraktekkan membuat kuah pempek dirumah. Namun ada beberapa bahan di dalamnya yang penting untuk disediakan sebab berperan penting pada hasil akhirnya:

1. Gula Aren atau Gula Merah

gula aren bahan kuah pempek

Penggunaan bahan kuah pempek ini sebenarnya berperan penting dalam memberikan warna yang dihasilkan oleh kuah pempek. Selain itu juga berfungsi sebagai perasa karena memiliki rasa manis. Biasanya Anda cukup membutuhkannya dalam jumlah 250 sampai 300 gram untuk satu kali pembuatan.

Namun orang Palembang sendiri menyarankan untuk menggunakan gula aren daripada gula merah pada umumnya. Hal ini dikarenakan warnanya memang lebih pekat sehingga akan memberikan warna asli seperti pada aslinya. Namun cara ini hanya menjadi referensi saja jika Anda memilikinya.

Untuk membuat kuah pempek bening, baiknya memang memakai gula merah. terlebih gula merah yang berwarna paling terang.

2. Tongcai (Sawi Fermentasi)

Tongcai sendiri lebih sering ditemukan dalam olahan masakan Chinese. Anda pun bisa mendapatkannya di swalayan khususnya pada bagian dapur. Bahan ini akan memberikan rasa gurih yang khas pada saus pempek nantinya. Jadi dapat dikatakan jika tidak memakainya, akan terasa kurang memuaskan.

Tongcai merupakan hasil olahan dari sawi putih yang diasinkan. Selama proses fermentasi tersebut akhirnya memberikan rasa gurih pada olahan ini. Ketika diolah sebagai bahan di dalam kuah pempek, harus dihaluskan terlebih dahulu sehingga mudah tercampur dan merata.

3. Ebi (Udang Kering)

ebi bumbu pempek

Ebi menjadi bahan kuah pempek yang digabung bersama tongcai. Keduanya akan dihaluskan bersamaan menggunakan blender sebelum semuanya dimasukkan ke dalam panci untuk memasaknya. Sama seperti sebelumnya, fungsinya ialah memberi rasa gurih pada hasil akhirnya nanti.

Ebi sendiri merupakan udang yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Rasanya gurih dan sedikit amis seperti halnya pada seafood bertebaran di pasaran. Anda hanya perlu mengambil sejumput untuk kemudian dihaluskan bersama tongcai menggunakan blender. 

4. Bumbu Halus

Seringkali dilupakan dan tidak begitu diperhatikan, penambahan bumbu halus ini penting untuk memberikan rasa sekaligus aroma yang harum. Penggunaannya pun disesuaikan dengan selera masing-masing, misalnya ingin kuah cuko dimana terasa cukup pedas maka sesuaikan pada jumlah cabainya.

Beberapa bumbu halus yang perlu Anda siapkan antara lain bawang putih, cabai keriting dan cabai rawit. Sesuaikan jumlahnya berdasar banyaknya pempek dibuat. Selanjutnya haluskan semuanya dengan menambahkan sedikit air agar lebih mudah saat dihaluskan bersama.

5. Asam Jawa dan Asam Cuka

Terakhir adalah bahan kuah pempek yang memberikan rasa asam pada kuah cuko. Keduanya sama-sama bisa perlu digunakan sehingga tidak bisa hanya menggunakan salah satu saja. Pasalnya rasanya pun akan berbeda dan kurang sempurna.

Asam cuka yang ditambahkan terlalu banyak dinilai kurang baik pada kesehatan lambung sehingga harus dikurangi. Oleh sebab itu digunakan asam jawa sebagai bahan pelengkapnya agar rasanya tetap seimbang.. Terutama jika Anda memang memiliki keduanya di dapur maka tidak perlu lagi membelinya.

Itulah tadi kelima bahan kuah pempek yang perlu Anda siapkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyak orang tidak memakainya sehingga membuat rasa kuah cuko kurang enak seperti pada aslinya.

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down