Cara Membuat Pempek Kapal Selam Tanpa Ikan

Ditulis Oleh 
 ditulis pada: 
August 15, 2021

PempekPalembang21.com - Anda bisa menerapkan beberapa cara membuat pempek kapal selam tanpa ikan. Orang-orang biasa menyebutnya resep pempek biang karena tidak menggunakan campuran daging sama sekali. Biasanya kurang suka bau amis atau alergi menjadi alasan utama untuk mengolahnya dengan resep seperti ini.

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Tanpa Ikan Sederhana

resep pempek kapal selam

Cara membuat pempek kapal selam memang umumnya menggunakan campuran ikan seperti belida dan tenggiri. Namun Anda bisa saja sama sekali tidak menambahkannya karena preferensi masing-masing. Umumnya dikarenakan kurang suka aroma amis atau bahkan alergi dengan olahan seafood.

1. Bahan yang Digunakan

Bahan biang yang dibutuhkan antara lain 250 ml air, 125 gram tepung terigu, 3 sendok makan garam, kaldu ayam secukupnya dan 3 sendok makan garam. Sementara untuk isiannya memerlukan 2 butir telur ayam, 3 butir telur sebagai isiannya serta 400 gram tepung sagu atau tepung kanji.

Anda juga bisa menambahkan mentimun dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Jangan lupa untuk menyiapkan saus cuko. Bahan yang dibutuhkan antara lain cabai rawit, bawang putih, gula merah atau gula aren, asam jawa, cuka dapur, gula dan garam secukupnya.

2. Cara Membuat Pempek Kapal Selam Tanpa Ikan

Pertama, untuk membuat biangnya, masak air, kaldu ayam dan garam ke dalam panci hingga mendidih. Masukkan tepung terigu dan aduk cepat. Setelah hangat, tuang kocokan telur dan campurkan kembali. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis agar mudah dibentuk.

Kocok lepas telur untuk isian lalu isikan ke dalam adonan secukupnya. Tutup bagian atasnya hingga rapat. Rebus pempek sampai mengapung sekitar 25 menit. Jangan gunakan api besar. Angkat, tiriskan dan siap digoreng. Didihkan semua bahan saus cuko dan lakukan tes rasa sebelum disajikan bersama.

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Isi Pepaya

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Tanpa Ikan Namun Tetap Nikmat

Adonan pempek kapal selam kali ini tidak akan menggunakan ikan sebagai penyusun utamanya. Anda justru menggunakan isian berupa pepaya muda dan cabai rawit. Rasanya pun tetap menggugah selera terlebih jika memang menyukai sayuran dan kurang suka dengan aroma amis. Berikut caranya:

1. Bahan yang Digunakan

Bahan adonan yang dibutuhkan antara lain 500 gram tepung tapioka, 500 ml air dan minyak goreng secukupnya. Sementara untuk biangnya diperlukan 250 gram tepung terigu, ½ sendok makan garam, ½ sendok teh kaldu jamur dan 1 sendok makan bawang putih bubuk.

Selanjutnya untuk bahan isiannya, Anda perlu menyiapkan 1 buah pepaya muda yang diserut, 3 buah cabai rawit, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, ½ kotak terasi, 1 genggam teri medan serta garam dan gula secukupnya.

2. Cara Membuat Pempek Kapal Selam Isi Pepaya

Kupas dan parut pepaya muda. Tambahkan sedikit garam dan remas-remas hingga keluar airnya. Cuci dan tiriskan. Haluskan bumbu untuk menumis lalu tumis sampai harum. Masukkan teri medan lalu aduk rata. Selanjutnya, campurkan bahan biang dengan air mendidih. Aduk cepat dan beri tapioka

Uleni adonan sampai kalis lalu buat bentuk sesuai selera. Tambahkan isian dari tumis pepaya. Lipat dan tutup kembali hingga rapat. Goreng sampai berubah menjadi kuning keemasan. Sajikan bersama kuah cuko selagi hangat.

Sebagai tambahan informasi, harga pempek kapal selam isi pepaya ini setengah dari harga pemek kapal selam pada umumnya. Hal ini membuat ia menjadi favorit mereka yang alergi ikan namun ingin menikmati pempek.

Itulah tadi beberapa cara membuat pempek kapal selam tanpa ikan yang bisa Anda praktekkan dengan sangat mudah. Bahan-bahannya pun juga cukup gampang untuk ditemui di pasar sehingga menjadi referensi jajanan di rumah.

Elly Tan
Elly adalah seorang penulis lepas yang telah aktif menulis selama lebih dari 7 tahun. Ia menulis berbagai genre mulai dari fiksi ilmiah, misteri, hingga buku anak-anak. Ia juga aktif sebagai kontributor di beberapa majalah dan situs berita online. Ia sangat disiplin dan selalu mengejar tenggat waktu. Ia senang membaca, melakukan penelitian, dan selalu mencari inspirasi untuk tulisannya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2000 – 2024 Pempek Palembang 21  by Grow&Bless
chevron-down